MUI : Rapatkan Shaf Salat jika PPKM Level 1, Ini Faktanya di Sulsel

MUI Makassar – Ada kabar gembira bagi umat Islam. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis telah mengeluarkan imbauan, boleh merapatkan shaf salat berjamaah di masjid dengan syarat tertentu.


Sebelumnya, dalam Fatwa Nomor 24 Tahun 2021, MUI menekankan bahwa dalam kondisi darurat pandemi, menjaga jarak saat salat jamaah dengan cara merenggangkan shaf hukumnya boleh, salatnya sah dan tidak kehilangan keutamaan berjamaah.


Mencermati perkembangan mulai terkendalinya pandemi Covid 19, MUI kini menyalakan sinyal untuk kembali merapatkan shaf salat berjamaah. Seperti dilansir Republika, Rabu (29/9), KH Cholil Nafis menyarankan, jika berada dalam zona hijau atau PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 1, maka dipersilakan shafnya dirapatkan, tetapi tetap pakai masker.


Apakah kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan sudah masuk semua dalam zona hijau atau PPKM Level 1? Faktanya, tak satupun daerah Sulsel yang sudah menerapkan PPKM level 1. Seluruh kabupaten/ kota di daerah ini masih berkutat pada PPKM level 2 dan level 3. Status PPKM ini berlaku hingga 4 Oktober 2021 dan selanjutnya akan kembali dilakukan evaluasi.


Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 44 Tahun 2021, seperti dikutip Kompas.com, Kota Makassar bersama 18 kabupaten/kota lainnya masuk dalam PPKM level 2. Sementara enam daerah lainnya masih PPKM level 3.


Berikut ini daftar lengkap level PPKM kabupaten/ kota di Sulawesi Selatan.


PPKM Level 2:


1.       Kabupaten Kepulauan Selayar,


2.       Kabupaten Bulukumba,


3.       Kabupaten Jeneponto,


4.       Kabupaten Takalar,


5.       Kabupaten Gowa,


6.       Kabupaten Bone,


7.       Kabupaten Maros,


8.       Kabupaten Pangkajene Kepulauan,


9.       Kabupaten Barru,


10.   Kabupaten Wajo,


11.   Kabupaten Sidenreng Rappang,


12.   Kabupaten Enrekang,


13.   Kabupaten Luwu,


14.   Kabupaten Luwu Utara,


15.   Kabupaten Toraja Utara,


16.   Kota Makassar,


17.   Kota Pare Pare,


18.   Kota Palopo.


PPKM Level 3:


1.       Kabupaten Bantaeng,


2.       Kabupaten Sinjai,


3.       Kabupaten Soppeng,


4.       Kabupaten Pinrang,


5.       Kabupaten Tana Toraja,


6.       Kabupaten Luwu Timur.