Lantik DMI Sulsel, JK Sebut 3 Kelompok Pemakmur Masjid

MUI Makassar – Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), HM Jusuf Kalla (JK), kembali mengingatkan pentingnya memakmurkan masjid. Hal itu disampaikan JK saat melantik Pimpinan Wilayah DMI Sulawesi Selatan Periode 2021 – 2026 yang diketuai Mantan Gubernur Sulsel HM Amin Syam,  di Masjid Al-Markaz Al-Islami Jend.Jusuf  Makassar, Ahad (3/10/2021).


Kepada pengurus DMI Sulsel,  mantan Wakil Presiden RI ini berpesan agar memegang prinsip memakmurkan masjid dan dimakmurkan masjid. Pengurus DMI harus menciptakan suasana masjid-masjid yang tersebar di Sulsel sedemikian rupa sehingga antusias didatangi para jamaah untuk melakukan ibadah.


Menurutnya, ada 3 kelompok orang yang memakmurkan masjid. Pertama, orang-orang yang membangun masjid. Kedua, para pengurus masjid. Dan ketiga, jamaah yang selaly berjamaah di masjid. Ada orang yang memiliki kemampuan membangun masjid, urai JK, namun tidak terlibat langsung untuk mengurusnya. Selanjutnya, ada pengurus masjid namun tidak membangun masjidnya.


Mengurus masjid, bagi JK, bukan sekadar mengurus fisik bangunan dan fasilitas masjidnya. “Membangun dan mengurus masjid, tapi tidak ada jamaahnya. Ini tidak bisa dikatakan memakmurkan masjid,” tandas JK.


Ia menambahkan, di zaman Rasulullah Muhammad SAW, masjid memiliki fungsi utama sebagai sarana untuk beribadah, pendidikan, kesehatan dan sosial kemasyarakatan. (*)