Camkan!!! Belanja Mystery Box Haram Hukumnya

MUI Makassar – Sebuah tren baru belanja di marketplace bikin heboh. Namanya, belanja mystery box. Tak seperti belanja pada umumnya, pembeli mystery box berarti membeli sesuatu yang tidak diketahui secara pasti jenis barang apa yang dibeli alias misterius.


Sontak tren belanja ini  dimanfaatkan oleh oknum penjual dalam marketplace  untuk melakukan penipuan. Cuitan sejumah korban belanja mystery box banyak beredar di media sosial yang mengeluhkan isi box yang dikirimkan penjual ternyata hanya aksesoris murahan. Bahkan, ada mystery box yang kosong alias zonk sehingga sejumlah konsumen marketplace merasa tertipu.


Tak kurang, pengaduan soal mystery box ini juga tiba di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan. Terkait pengaduan warga, MUI Sulsel bergerak cepat dan langsung mengeluarkan fatwa. MUI Sulsel memandang perlu memberikan kepastian hukum tentang hukum jual beli mystery box.


“MUI Sulsel menerima pengaduan. Kemudian komisi fatwa melakukan kajian mengenai mystery box ini. Oleh karena itu, MUI Sulsel mengeluarkan fatwa bahwa mystery box ini hukumnya haram,” kata Dr. KH. Muammar Bakry, didampingi Ketua MUI Sulsel, KH. Najamuddin, dalam jumpa pers di kantornya, Kamis 13 Januari 2022.


Fatwa tentang hukum haram jual beli mystery box ini tertuang dalam Fatwa MUI Sulsel Nomor 01 Tahun 2022. Pertimbangan fatwa MUI Sulsel yang mengharamkan jual beli mistery box yakni :



  1. Mengandung maisir (spekulasi), garar (penipuan), dan jahalah (ketidakjelasan barang) serta tadlis (pemalsuan);

  2. Tidak memenuhi rukun dan syarat jual beli secara syar’i;

  3. Tidak memberi hak khiyar (memilih) bagi pembeli.


Terkait hal itu, MUI Sulsel juga mengeluarkan rekomendasi kepada masyarakat luas :



  1. Kepada masyarakat agar menghindarkan diri dari transaksi jual beli yang mengandung unsur maisir (spekulasi), garar (penipuan), dan jahalah (ketidakjelasan barang) serta tadlis (pemalsuan);

  2. Kepada pihak marketplace untuk tidak menyediakan ruang untuk transaksi jual beli mistery box;

  3. Kepada Pemerintah hendaknya mengawasi transaksi yang dapat merugikan masyarakat. 


Selengkapnya, Fatwa MUI Sulsel mengenai hukum belanja atau jual beli mystery box, silakan kunjungi http://muimakassar.id/assets/uploads/fe5e6c057d7c8bcf60a308bef2e13e44.pdf